Sabtu, 23 November 2013

SOLO, SURGA BUDAYA DAN PARIWISATA YANG TERSEMBUNYI


SOLO, SURGA BUDAYA DAN PARIWISATA
YANG TERSEMBUNYI
 
Sebagai salah satu kota budaya di Indonesia, Solo juga menjadi salah satu kota Pariwisata yang spektakuler. Terletak pada tempat strategis antara pertemuan jalur selatan jawa dan jalur Semarang-Madium mempermudah langkah wisatawan berkunjung ke solo. Kebanyakan wisatawan yang berasal dari arah Yogyakarta maupun Jawa Tengah akan transit terlebih dahulu di Solo. Nah…………….untuk para pembaca yang sudah pernah mengunjungi Solo, tentu keindahan solo tidak asing lagi, karena itu bagi pembaca yang belum pernah mengunjungi Solo dan sedang mencari tempat berlibur yang modern namun masih memiliki budaya yang kental silahkan baca artikel ini. Semoga artikel ini memberi inspirasi bagi sobat sekalian. J
            Terkenal dengan slogan Mulat Sarira Angrasa Wanidan terletak antara G. Lawu, G. Merapi serta G. Merbabu. Selain itu Solo juga terletak  di tepi sungai terpanjang di Pulau jawa yaitunya sungai Bengawan Solo. Kota Solo sendiri juga memiliki pemikiran tinggi terhadap kebersihan kota contohnya dengan Semboyan Berser yang memiliki arti bersih, sehat, rapi dan indah, jadi jangan sampai membuang sampah sembarangan di Solo.
            Di tengah era Globalisasi modern yang penuh dengan kecanggihan teknologi saat ini, Solo masih memilik kebudayaan yang kental. Hal itu dibuktikan dengan masih eksisnya 2 istana di Solo. Istana tersebut adalah Kasunanan dan Mangkunegara.






Disamping berdiri Istana yang megah tersebut Solo juga memilki pembatik-pembatik tradisional yang karyanya dapat kita beli di Pasar Klewer yang merupakan pasar batik nan-legendaris. Atau kita juga dapat menyaksikan koleksi batik terlengkap di museum batik banar hadi. Disamping itu bagi wisatawan yang memilki hobby mengoleksi barang antik dapat mengunjungi pasar Triwndu yang terkenal sebagai surganya barang-barang antik. Meski tetap mempertahankan budaya setempat, Solo juga memiliki Istana dengan sentuhan eropa yaitu Kraton Surakarta Hadiningrat.


 
Terletak ditempat yang dahulunya berdiri sebuah kerajaan hindu yang besar membuat Solo kaya akan peninggalannya, seperti bangunan berupa Candi. Candi yang berdiri di solo diantaranya candi sekun dan candi Cetho yang memiliki ketinggian satu400m. suasana candi cetho sangat tenang sehingga cocok bagi wisatawan yang berniat menyegarkan pikiran. 

Sedang bagi para pecinta alam dapat menikmati keindahan Solo seperti air terjun Tawangmanggu atau air terjun Grojongan sewu yang berada dilereng G. Lewu atau barangkali ingin menembus masa lampau dengan mengunjungi museum manusa purba di Sangiran. Terlepas dar fakta diatas tentunya berlibur tidak akan terasa lengkap jika tidak memanjakan lidah. Diantaranya ada jajanan khas Solo yang hanya akn ditemui si kota Solo, sepert :

1.    1.   Nasi lewet wongso lemu, yang merupakan nasi gurih dengan bumbu areh dalam pucuk daun pisang
2.    2.   Gudeg ceker margo yunan, yang dapat kita nikmati sebelum fajar datang. 

Atau jika ingin berjalan marathon dengan santai, wisatawan dapat mengunjungi koridor ngarsopuro Jln. Slamet Riyadi sepanjang 6-7 Km. keberagaman agama pasti ada namun hal tersebut semakin membuat Solo terasa berbeda dan tentram. Hal tersebut dibuktikan dengan berdirinya Klenteng Tien Kon Sie, mesjid agung Surakarta, Mesjid Mangkunegara ( mesjid tertua d Solo ), Gereja st. Antoniuss Purbayan atau Vihara Ampokiang. Jadi disamping berwisata ria, wisatawan juga dimanjakan dengan fasilitas ibadah. 







 
NAH…………..Surga tidak hanya ada di pantai namuyn terkadang surge juga tersembunyidi antara kita dan salah satunya adalah SOLO. Jadi berminatkah sobat sekalian berkunjung ke Solo ? mungkin Artikel ini belum memberikan informasi detail tentang Solo karena admin sendiri belum pernah ke Solo hehehe….. jadi darimanakah admn tau tentang solo ? jawabannya adalah dari teman-teman yang telah pernah mengunjungi Solo tentunya. Do’akan saja semoga admin bisa meninjakan kaki di Solo nantinya. Oh iya kritik dan saran sangat diharapkan agar dapat membangun Blog ini. Sebelumnya admin berterima kasih karena sobat sekalian telah menunjungi Blog sederhana ini…… TQ










Tidak ada komentar:

Posting Komentar